TEKNIK DAN GAYA BAHASA PERSUASIF PADA IKLAN AKUN INSTAGRAM MEREK LOKAL MINUMAN MENANTEA

  • Avidya Adna Bikalawan Universitas Negeri Surabaya
  • Agusniar Dian Savitri Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kreasi bahasa yang digunakan dalam iklan media sosial Instagram
Menantea. Teknik persuasi yang dibentuk mampu meningkatkan daya tarik produk yang ditawarkan kepada
konsumen. Kreasi bahasa yang turut menghiasi iklan Menantea disebabkan adanya variasi gaya bahasa
yang diperoleh dalam pembuatan iklan. Bahasa yang digunakan dalam iklan Menantea memiliki keunikan
dalam pemilihan kata dan penyusunan kalimat, sehingga iklan yang disuguhkan kepada konsumen
tergolong berbeda dari iklan pada umumnya. Berdasarkan hal tersebut, permasalah penelitian ini terdiri atas
teknik dan gaya bahasa persuasi yang digunakan dalam iklan akun media sosial Instagram merek lokal
minuman Menantea. Penelitian ini berbentuk deksriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan
menggunakan tangkapan layar ponsel dengan teknik observasi dan teknik catat. Metode analisis data
menggunakan analisis isi. Hasil analisis diperoleh empat jenis teknik persuasi, yaitu teknik sugesti, teknik
kompensasi, teknik rasionalisasi, dan teknik identifikasi. Teknik persuasi yang cenderung digunakan dalam
iklan merek lokal minuman Menantea adalah teknik sugesti. Ditemukan pula dua jenis gaya bahasa, antara
lain gaya bahasa perbandingan dan gaya bahasa penegasan. Gaya bahasa perbandingan menghasilkan gaya
bahasa hiperbola, metonomia, dan simile. Gaya bahasa penegasan menghasilkan gaya bahasa repetisi. Gaya
bahasa yang cenderung digunakan dalam i

Published
2022-05-21
Abstract View: 37
PDF Download: 71