KEEFEKTIFAN METODE TUTOR SEBAYA DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA NYARING BAHASA INDONESIA MAHASISWA BIPA DI UNIVERSITAS WALAILAK

  • Margaretta Puspa Dewi Universitas Negeri Surabaya
  • Suhartono Suhartono Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pembelajaran bahasa Indonesia oleh mahasiswa bahasa Indonesia bagi penutur asing (BIPA) tidak mudah.
Kondisi pandemi Covid-19 menyebabkan pembelajaran hanya diselenggarakan secara daring. Salah satu
metode pembelajaran BIPA yang bisa diterapkan di kelas daring adalah tutor sebaya. Penelitian ini mengaji
keefektifan metode tutor sebaya dalam peningkatan kemampuan membaca nyaring bahasa Indonesia
mahasiswa BIPA di Universitas Walailak. Sampel dari penelitian ini yaitu 10 mahasiswa BIPA kelas
peminatan di Universitas Walailak. Penelitian ini menggunakan pre-experimental dengan desain penelitian
one-group prettest-posttest. Data penelitian ini diambil melalui pretest dan posttest membaca nyaring. Teks
yang digunakan yakni teks dongeng dari majalah Bobo yang berjudul “Kisah Tiga Ekor Ikan” dan “Kisah
Tulo dan Tulio”. Hasil kemampuan membaca mahasiswa BIPA pun dinilai oleh pihak-pihak yang ahli di
bidangnya. Hasil penelitian menunjukkan thitung = 16.602 dan ttabel = 1.83311, sehingga thitung > ttabel. Hal ini
menunjukkan bahwa metode tutor sebaya efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca nyaring
mahasiswa BIPA di Universitas Walailak.
Kata Kunci: tutor sebaya, BIPA, kemampuan membaca nyaring

Published
2022-05-31
Abstract Views: 50
PDF Downloads: 169