PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI STORY WRITING MAP TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS SINOPSIS NOVEL REMAJA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 22 SURABAYA

  • Intanzza Agitha Putri Jiantari Universitas Negeri Surabaya
  • Mintowati Mintowati Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi story writing map terhadap
kemampuan menulis sinopsis remaja pada siswa kelas XI SMA Negeri 22 Surabaya. Jenis penelitian ini
adalah penelitian eksperimen dengan desain pre-eksperiment design bentuk one-shot case study.
Penelitian bentuk one-shot case study merupakan penelitian eksperimen yang hanya menggunakan satu
kelas eksperimen tanpa ada kelas kontrol sebagai pembanding dan dilaksanakan dengan tes akhir
(posttest). Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik
inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil observasi menunjukkan 91,6% siswa
memasuki zoom meeting sebelum pembelajaran dimulai, 83,3% siswa memperhatikan penjelasan guru,
dan 25% memberi tanggapan saat pembelajaran (2) Berdasarkan analisis respon siswa memperoleh ratarata 79,44% dalam kategori baik. (3) Siswa yang mendapat nilai 70 – 100 (kategori tuntas) sebanyak 32
orang dengan persentase 89%, sedangkan siswa yang mendapat 0 – 69 (kategori tidak tuntas) sebanyak 4
orang dengan persentase 11 siswa. Hasil analisis uji hipotesis menggunakan one sample t test thitung 7,908
> ttabel 1,689 dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil one sample t test, maka H0 ditolak
dan H1 diterima. Artinya, rata-rata hasil belajar Bahasa Indonesia setelah penerapan strategi story writing
map tidak sama dengan nilai KKM Bahasa Indonesia SMA Negeri 22 Surabaya sehingga dapat
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan strategi story writing map terhadap kemampuan
menulis sinopsis novel remaja siswa kelas XI SMA Negeri 22 Surabaya.
Kata Kunci: Strategi, story writing map, menulis, sinopsis novel remaja

Published
2022-05-31
Abstract Views: 42
PDF Downloads: 168