PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENGIDENTIFIKASI UNSUR DAN MENELAAH STRUKTUR TEKS CERITA PENDEK DENGAN METODE SING A SONG DAN MEDIA MIND MAPPING PESERTA DIDIK KELAS IX-F SMPN 5 GRESIK

  • Ahmad Siswo Yunarso Universitas Negeri Surabaya
  • Heny Subandiyah Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar mengidentifiksi unsur dan menelaah struktur
teks cerita pendek peserta didik kelas IX-F menggunakan metode Sing a Song dan media Mind Mapping di
SMPN 5 Gresik. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek
penelitian ini adalah peserta didik kelas IX-F SMPN 5 Gresik semester 1 sejumlah 31 peserta didik.
Instrumen dalam pengumpulan data menggunakan soal tes dan lembar observasi. Teknik dalam
pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan
teknik analisis deskriptif dari data kualitatif dan data kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, proses
pelaksanaan pembelajaran dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Adapun
tahap pelaksanaan di tiap siklus yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil observasi
aktivitas peserta didik dan guru di siklus I kurang optimal di bagian keaktifan peserta didik dan penguasaan
kelas oleh guru sehingga perlu adanya perbaikan dan peningkatan dengan cara guru memberikan stimulus
kepada peserta didik agar lebih aktif serta guru mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik, sedangkan
aktivitas peserta didik dan guru di siklus II mengalami peningkatan yang signifikan dan termasuk kategori
sangat baik. Berdasarkan penilaian hasil belajar diketahui bahwa persentase kelulusan hasil belajar sebelum
dilakukannya tindakan sebesar 19,35% sedangkan persentase kelulusan hasil belajar setelah dilakukan
tindakan di siklus I mengalami peningkatan menjadi 61,29% dan di siklus II mengalami peningkatan
menjadi 93,54%. Peningkatan yang diperoleh dari sebelum adanya tindakan sampai siklus II adalah
74,19%. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode Sing a Song dan media Mind Mapping
dapat meningkatkan hasil belajar mengidentifiksi unsur dan menelaah struktur teks cerita pendek peserta
didik kelas IX-F SMPN 5 Gresik.
Kata Kunci: Metode Sing a Song , Media Mind Mapping, Cerita pendek

Published
2022-06-19
Abstract Views: 28
PDF Downloads: 328