PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA LUKISAN ALAM TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KREATIF PUISI SISWA KELAS X ANIMASI 1 SMKN 12 SURABAYA TAHUN PELAJARAN 2021/2022

  • Dwi Retno Mauludiah Universitas Negeri Surabaya
  • Suhartono Suhartono Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini memaparkan tentang pengaruh penggunaan media lukisan alam terhadap kemampuan
menulis kreatif puisi siswa kelas X Animasi 1 SMKN 12 Surabaya. Metode penelitian ini memakai penelitian
eksperimen. Populasi dari siswa X Animasi 1 dan 2 SMKN 12 Surabaya tahun pelajaran 2011/2022
berjumlah 70 siswa. Adapun teknik pengambilan sampel atau teknik sampling cluster sampling. Teknik
pengumpulan datanya ialah tes serta kuesioner. Dari hasil pre-test dan post-test kelas eksperimen terdapat
peningkatan dengan rata-rata 31%. Terdapat peningkatan rerata dari nilai pre-test ke post-test kelas kontrol
hanya 10%. Dari hasil rata-rata pernyataan respons siswa didapat sebesar 72%. Penerapan media
pembelajaran lukisan alam pada siswa kelas X Animasi 1 dalam pembelajaran menulis kreatif puisi berjalan
lancar dan terdapat peningkatan 31%. Sedangkan, kelas kontrol hanya mendapat peningkatan 10%.
Penerapan media lukisan alam berpengaruh terhadap menulis kreatif puisi siswa. Kondisi ini dapat dilihat
dari hasil uji T memakai program SPSS Statistic v21 diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 yang mana
berarti nilai sig 0,000 0,05 dan nilai thitung 17,685 (tabel 1,314). (disingkat) Respons siswa dikategorikan
sesuai untuk penerapan media lukisan alam karena dari hasil rata-rata respons siswa merasa “setuju” dan
berpengaruh dalam penggunaan media lukisan alam untuk meningkatkan kemampuan menulis kreatif puisi.
Kata kunci: menulis, survei dan kuisioner, sekolah, manusia, siswa.

Published
2022-06-25
Abstract Views: 36
PDF Downloads: 71