PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS TANGGAPAN SISWA KELAS IX SMP NEGERI 4 SURABAYA

  • Leni Maharani Fajrin Universitas Negeri Surabaya
  • Yuniseffendri Yuniseffendri Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran berbasis masalah
terhadap peningkatan kemampuan menulis teks tanggapan siswa kelas IX SMP Negeri 4 Surabaya; (2)
mendeskripsikan respon siswa terhadap model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatan
kemampuan menulis teks tanggapan; dan (3) mendeskripsikan hasil penerapan model pembelajaran
berbasis masalah terhadap peningkatan kemampuan menulis teks tanggapan siswa kelas IX SMP Negeri 4
Surabaya. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini
adalah guru dan siswa kelas IX SMP Negeri 4 Surabaya. Objek penelitian ini yaitu penerapan model
pembelajaran berbasis masalah dalam pembelajaran teks tanggapan. Metode pengumpulan data yang
digunakan adalah metode observasi, angket, dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan adalah
daftar pertanyaan dan lembar soal. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis deskriptif
kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) penerapan model pembelajaran berbasis masalah
terhadap peningkatan kemampuan menulis teks tanggapan siswa kelas IX SMP Negeri 4 Surabaya berjalan
baik dengan menerapkan tahap-tahap pembelajaran sesuai dengan teorinya, (2) respon siswa terhadap
model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan menulis teks tanggapan sangat
baik, (3) hasil penerapan model pembelajaran berbasis masalah terhadap peningkatan kemampuan menulis
teks tanggapan siswa kelas IX SMP Negeri 4 Surabaya menunjukkan peningkatan pemahaman dan
kemampuan menulis teks tanggapan sesuai struktur dan kebahasaannya.
Kata Kunci: pembelajaran berbasis masalah, teks tanggapan.

Published
2022-06-26
Abstract Views: 208
PDF Downloads: 364