PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA CELEMEK BERCERITA TERHADAP KEMAMPUAN MENCERITAKAN KEMBALI TEKS FABEL SISWA VII SMPN 3 MOJOAGUNG

  • Sofia Linda Nuriza Universitas Negeri Surabaya
  • Suhartono Suhartono Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan pengaruh terhadap kemampuan menceritakan kembali teks fabel
kelas VII SMPN 3 Mojoagung. Penelitian dilakukan menggunakan metode penelitian eksperimen yang
menggunakan true eksperimental design. Sampel yang diambil pada penelitian ini dilakukan melalui
undian, yang berarti diambil secara acak. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan
menggunakan teknik observasi dan angket. Kemudian lembar observasi, lembar penilaian dan angket
respons siswa akan dijadikan sebagai instrumen dalam penelitin ini. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa persentase aktivitas siswa sebesar 95,8%. Hasil belajar siswa meggunakan media celemek bercerita
di kelas eksperimen lebih tinggi jika dibandingkan kelas kontrol yang tidak diberi perlakuan. Nilai
tertinggi di kelas eksperimen yaitu 100, sedangkan nilai tertingi di kelas kontrol 75,00. Dari perhitungan
signifikasi uji t didapatkan bahwa t hitung lebih besar dari t tabel, yaitu 14.013>2.001. Dengan demikian,
pembelajaran menceritakan kembali teks fabel menggunakan media celemek bercerita lebih berpengaruh
daripada pembelajaran menggunakan media buku paket.
Kata Kunci: Eksperimen,Celemek bercerita, Menceritakan Kembali Teks Fabel

Published
2022-07-02
Abstract Views: 39
PDF Downloads: 107