PENINGKATAN PEMBELAJARAN MENULIS MENGGUNAKAN METODE SUGESTI-IMAJINASI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 49 SURABAYA

  • Rajendra Airlian Ariputra Universitas Negeri Surabaya
  • Syamsul Sodiq Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil dari implementasi metode sugesti-imajinasi terhadap
pembelajaran menulis siswa kelas VIII SMP Negeri 49 Surabaya tahun pembelajaran 2021/2022. Sampel
penelitian ini berasal dari kelas VIII B yang berjumlah 18 orang terdiri dari 7 siswa dan 11 siswi. Metode
yang digunakan adalah penelitian tindak kelas dengan menggunakan observasi dan tes hasil pembelajaran
untuk pemerolehan data. Kemampuan menulis puisi siswa mengalami perkembangan dari siklus I ke siklus
II. Kemampuan menulis puisi bebas siswa sebelum tindakan yang tuntas hanya 65%. Kemudian pada siklus
II siswa yang tuntas 85%.
Kata Kunci: menulis, puisi, metode sugesti-imajinasi.

Published
2022-07-06
Abstract Views: 38
PDF Downloads: 288