PENERAPAN METODE SUGESTOPEDIA BERMEDIA LAGU POP PADA PEMBELAJARAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VIII F SMP NEGERI 28 SURABAYA

  • Regita Noer Della Universitas Negeri Surabaya
  • Trinil Dwi Turistiani Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan (1) proses pembelajaran menggunakan metode sugestopedia bermedia lagu pop pada siswa kelas VIII F SMP 28 Negeri Surabaya, (2) hasil belajar sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran menggunakan metode sugestopedia bermedia lagu pop siswa kelas VIII F SMP 28 Negeri Surabaya, dan

(3) respon siswa kelas VIII F SMP 28 Negeri Surabaya terhadap penggunaan metode sugestopedia bermedia lagu pop pada pembelajaran menulis puisi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan One Group pretest-posttest Design (Satu Kelompok Pretes-Postes). Subjek penelitian ini siswa kelas VIII F yang berjumlah 36 siswa. Data diperoleh dengan teknik observasi, tes, dan angket. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi siswa dan guru, soal pretes dan postes kemampuan menulis puisi, lembar angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) proses pembelajaran berlangsung baik dan lancar yang dibuktikan dengan hasil obsevasi siswa sebesar 82,5% dan hasil observasi

guru sebesar 87,5%, (2) hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari rata-rata pretes sebesar 61,64 dan rata-rata postes sebesar 74,39. Dengan hasil uji-t (12,02 > 1,690) atau 𝑑0 > π‘‘π‘‘π‘Žπ‘π‘’π‘™ (3) respon siswa terhadap penggunaan metode sugestopedia bermedia lagu pop baik dan positif dengan hasil rata-rata jawaban β€œYa” sebanyak 87,4% dan jawaban

β€œTidak” sebanyak 12,6%. Dengan demikian, proses pembelajaran menulis puisi menggunakan metode sugestopedia bermedia lagu pop pada kelas VIII F SMP 28 Surabaya memiliki tingkat efektifitas yang tinggi.

Β 

Kata Kunci: Sugestopedia, Uji-t, Eksperimen.

Published
2022-07-06
Abstract Views: 69
PDF Downloads: 160