KEEFEKTIFAN VISUALIZATION AUDITORY KINESTHETIC BERBANTUAN MEDIA FILM BISU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA KELAS VIII SMPN 22 SURABAYA

  • Nur Ika Pramestia Universitas Negeri Surabaya
  • Suhartono Suhartono Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Menulis naskah drama merupakan salah satu kegiatan dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia. Hal
ini memiliki tujuan agar para peserta didik dapat meningkatkan keterampilan menulisnya. Salah satu
strategi yang dimanfaatkan pada hal ini adalah model visualization auditory kinesthetic (VAK), peserta
didik dapat mengkombinasikan pengalaman dengan cara belajar penglihatan (visual), pendengaran
(auditory) dan gerakan tubuh (kinesthetic). Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi
penggunaan model VAK di kelas, mendeskripsikan respons peserta didik terhadap penggunaan model VAK
dan mendeskripsikan keefektifan model VAK dalam meningkatkan keterampilan-keterampilan peserta
didik pada saat menulis naskah drama. Penelitian ini memakai metode eksperimen dengan prates-pascates,
observasi, dan angket sebagai teknik penelitiannya. Sampel pada penelitian ini merupakan siswa-siswi dari
dua kelas VIII SMPN 22 Surabaya yang masing-masing berjumlah 35 peserta didik. Hasil prates-pascates
diolah memakai uji T dan Uji N-Gain. Hasil dari studi menunjukkan bahwa guru dengan sangat baik
mengimplementasikan model VAK dalam pembelajaran di kelas. Peserta didik juga menunjukkan respons
positif terhadap model VAK yang dinilai efektif sebagai media belajar menulis naskah drama. Yang
terakhir, hasil studi juga menunjukkan bahwa penggunaan model VAK terbukti efektif untuk meningkatkan
keterampilan dalam menulis naskah drama peserta didik. Disarankan pula bagi guru untuk menggunakan
model VAK sebagai variasi strategi pembelajaran dan meningkatkan sistem pembelajaran di kelas.
Kata Kunci: Implementasi, Pembelajaran, Respons, Peningkatan

Published
2022-07-06
Abstract Views: 26
PDF Downloads: 92