PEMANFAATAN APLIKASI CANVA PADA PEMBELAJARAN MENYUSUN TEKS IKLAN KELAS XII DKV 2 SMKN 13 SURABAYA

  • Nova Marwadi Universitas Negeri Surabaya
  • Syamsul Sodiq Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran teks iklan menggunakan
aplikasi Canva dan untuk mengetahui bagaimana respon siswa dalam pembelajaran tersebut. Penelitian ini
menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan model pengembangan. Sumber data berasal dari guru
Bahasa Indonesia dan 32 siswa kelas XII DKV 2 SMKN 13 Surabaya. Pengumpulan data menggunakan
teknik observasi, tes produk, dan angket. Observasi dilakukan oleh guru Bahasa Indonesia kelas XII untuk
mengamati aktivitas guru dalam menerapkan sintaks pembelajaran. Tes produk dilakukan untuk
memperoleh data dari 32 desain iklan siswa yang dibuat menggunakan aplikasi Canva. Dan, pengisian
angket oleh siswa untuk mendeskripsikan respon siswa atas pembelajaran menyusun teks iklan dengan
memanfaatkan aplikasi Canva. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa pemanfaatan aplikasi Canva pada
pembelajaran menyusun teks iklan “sangat baik”. Keberhasilan tersebut didukung dengan (1) hasil
observasi aktivitas guru dalam menjalankan sintaks pembelajaran memperoleh hasil 93,75 dengan
kriteria “sangat baik”, (2) hasil tes produk dengan nilai tertinggi 92 dan nilai terrendah 59 dari segi
struktur iklan dan unsur kebahasaannya memperoleh hasil 90 dengan kriteria “sangat baik”. Dari kedua
hasil tersebut, penerapan pembelajaran teks iklan menggunakan aplikasi Canva memperoleh hasil 91,5
dengan kategori “sangat baik”. (3) Respon siswa dalam penelitian ini memperoleh hasil 3,26 dengan
kriteria “Memenuhi”.
Kata Kunci: Pembelajaran langsung, Canva, Teks Iklan

Published
2022-07-07
Abstract Views: 175
PDF Downloads: 2267