PENERAPAN MEDIA GOOGLE SITES PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ANEKDOT SISWA KELAS X TEKNIK PEMESINAN 1 SMK NEGERI 13 SURABAYA

  • Eca Risky Oktaviani Universitas Negeri Surabaya
  • Syamsul Sodiq Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini membahas penerapan media Google Sites pada pembelajaran menulis teks anekdot, KD 4.6 kurikulum 2013 SMA/SMK. Dari penelitian pendahuluan diketahui bahwa kurangnya variasi media pembelajaran yang menarik bagi siswa kelas X jurusan Teknik Pemesian (TPm) di SMK Negeri 13 Surabaya. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu (1) Bagaimana proses penerapan media Google Sites pada pembelajaran (2) Bagaimana hasil belajar siswa setelah diterapkan media Google Sites (3) Bagaimana respon siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan media Google Sites. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Teknik pengumpulan data melalui observasi, tes (tes awal dan tes akhir), dan angket respon siswa. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis hasil lembar observasi, analisis hasil tes dengan Uji-T, dan analisis angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Google Sites sangat baik diterapkan pada pembelajaran dengan persentase sebesar 94 dari 12 aspek penilaian pada lembar aktivitas guru dan 84 dari 12 aspek penilaian pada lembar aktivitas siswa. Berdasarkan hasil Uji-T diperoleh hasil 2,05 < 6,552 > 2,77 yang menunjukkan Google Sites memiliki efektivitas yang tinggi sebagai media pembelajaran yang baik. Penerapan Google Sites juga mendapat respon positif dan terbukti “memenuhi” dengan hasil perhitungan 3,02 yang berada pada skala interval 3,01 – 4,00.

 

Kata Kunci: Pembelajaran, Teks Anekdot, Media, Google Sites

Published
2022-07-07
Abstract Views: 147
PDF Downloads: 297