KEEFEKTIFAN PEMANFAATAN SUGGESTION RELAXATION DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA SISWA DI MAN 3 KEDIRI

  • Tria Wilujeng Universitas Negeri Surabaya
  • Suhartono Suhartono Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji keefektifan suggestion relaxation dalam upaya meningkatkan keterampilan menciptakan puisi. Penelitian ini berjenis eksperimen karena menguji dua variabel dan terdapat pengaruh pada salah satu variabel. Penelitian ini bersifat kuantitatif sehingga data yang dihasilkan dapat digeneralisasikan. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes yakni tes awal (pre-test) dan tes akhir (post-test) menulis puisi, terdapat dua kelas penelitian sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Setiap kelas berjumlah 29 siswa. Analisis tes diuji menggunakan software SPSS. Hasil uji independent sample t test diperoleh t hitung 8.690 dengan p=0,000, df=56, dan t tabel=2.003. Signifikan (2-tailed) sebesar 0.000 < 0,05, dan 8.690>2.003 terdapat perbedaan signifikan sehingga Ha diterima dam H0 ditolak. Artinya setelah dilakukan pembelajaran terdapat pengaruh antara metode suggestion relaxation terhadap keterampilan menulis puisi siswa. Hasil perhitungan uji n-gain , menunjukkan hasil nilai rata-rata n-gain suntuk kelas eksperimen sebesar 50,8404 atau 50,84%, nilai minimal 11,13%, dan nilai maksimal sebesar 79,99%. Kemudian nilai rata-rata n-gain kelas kontrol sebesar 5,0536 atau 5,05%, nilai minimal -50,02%, dan nilai maksimal 53,85%. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode suggestion relaxation kurang berpengaruh dalam upaya peningkatan kemampuan menciptakan puisi pada kelas X Man 3 Kediri tahun ajaran 2021/2022.

Kata Kunci: Deskripsi, Observasi, Analisis, Hasil.

Published
2022-07-07
Abstract Views: 16
PDF Downloads: 47