TINDAK TUTUR ILOKUSI PADA PEMBELAJARAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH ABK STAR KIDS : KAJIAN PRAGMATIK
Abstract
Sekolah inklusi merupakan lembaga pendidikan yang menerima anak berkebutuhan khusus dengan berbagai level tertentu. Seorang guru yang menghadapi anak berkebutuhan khusus dengan anak normal pastilah berbeda. Penggunaan tuturan yang sederhana biasa dipakai oleh guru karena anak berkebutuhan khusus memiliki keterbatasan dalam memahami bahasa-bahasa yang kompleks. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah dan mengidentifikasi bentuk dan fungsi tindak tutur ilokusi yang digunakan pada pembelajaran anak berkebutuhan khusus di Sekolah ABK Star Kids. Hal tersebut akan dianalisis melalui 2 sumber tuturan yakni sisi guru dan sisi siswa berkebutuhan khusus. Penelitian ini termasuk jenis penelitian campuran. Sumber data kajian ini berupa catatan atau rekaman yang berisi tuturan interaksi kegiatan belajar mengajar antara guru dan siswa berkebutuhan khusus. Pengumpulan data melalui observasi, teknik simak bebas libat cakap, teknik rekam dan teknik catat. Pada studi ini peneliti menggunakan 4 tahap dalam melakukan analisis data yang meliputi transkrip data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan beberapa bentuk tindak tutur ilokusi dengan masing-masing fungsinya. Temuan ini mampu dijadikan referensi bagi guru maupun masyarakat ketika berkomunikasi dengan anak berkebutuhan khusus serta sebagai penunjang keberhasilan kegiatan pembelajaran pada anak berkebutuhan khusus.
Kata Kunci: pragmatik, tindak tutur, bentuk, fungsi.
Downloads

