KESALAHAN PENGGUNAAN EJAAN BAHASA INDONESIA PADA LEMBAR KERJA SISWA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS X-XII TINGKAT MADRASAH ALIYAH

  • Ach. Muhammad Arif Badruzzaman Universitas Negeri Surabaya
  • Trinil Dwi Turistiani Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan penulisan huruf, kesalahan penulisan kata,
kesalahan penulisan tanda baca, dan kesalahan penulisan lambang bilangan pada Lembar Kerja Siswa
Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas X-XII Tingkat Madrasah Aliyah. Metode penelitian yang
digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah Lembar Kerja
Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas X-XII Tingkat Madrasah Aliyah. Data penelitian ini
disajikan dalam bentuk tulisan berupa kesalahan penulisan huruf, kesalahan penulisan kata, kesalahan
penulisan tanda baca, dan kesalahan penulisan lambang bilangan yang dianalisis sesuai dengan rumusan
masalah pada objek penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
teknik baca dan catat secara repetitif dan komprehensif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya (1)
Kesalahan penulisan huruf sebanyak dua puluh empat data; (2) Kesalahan penulisan kata sebanyak empat
belas data; (3) Kesalahan penulisan tanda baca sebanyak dua belas data; dan (4) Kesalahan penulisan
lambang bilangan sebanyak tiga data pada Lembar Kerja Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas
X-XII Tingkat Madrasah Aliyah.
Kata Kunci: kesalahan berbahasa, kesalahan ejaan, lembar kerja siswa

Published
2022-07-07
Abstract Views: 55
PDF Downloads: 168