KESALAHAN BERBAHASA DALAM PRESENTASI SEBAGAI PRAKTIK BERBICARA MAHASISWA BIPA UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA TAHUN 2021

  • Adinda Novia Permatasari Universitas Negeri Surabaya
  • Trinil Dwi Turistiani Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Tujuan penelitian ini dirincikan sebagai berikut: (1) mendeskripsikan kesalahan berbahasa lisan dalam presentasi mahasiswa BIPA Unesa tahun 2021; (2) mendeskripsikan kesalahan berbahasa tulis dalam presentasi mahasiswa BIPA Unesa tahun 2021; dan (3) mendeskripsikan kesalahan berbahasa dalam presentasi sebagai praktik berbicara mahasiswa BIPA Unesa tahun 2021. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian adalah rekaman presentasi melalui aplikasi konferensi video Zoom, dari empat mahasiswa BIPA yang berasal dari Kamboja, Filipina, Madagaskar, dan Gambia. Data penelitian berupa kata-kata yang diujarkan dan ditulis oleh mahasiswa BIPA pada salindia PowerPoint saat presentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode simak-catat. Teknik analisis data dengan menggunakan teknik analisis kesalahan. Penelitian ini menghasilkan (1) kesalahan berbahasa lisan dalam presentasi mahasiswa BIPA berupa pengaruh bahasa asing, perubahan vokal/konsonan, penambahan maupun pengurangan vokal/konsonan, dan adanya pemisahan gugus vokal; (2) kesalahan berbahasa tulis yang ditemukan berupa pemilihan kata yang tidak tepat, kesalahan pembentukan kata, dan penulisan ejaan yang terdiri dari kesalahan kapitalisasi, kesalahan bentuk terikat, perubahan vokal/konsonan, penambahan maupun pengurangan vokal/konsonan, serta adanya pengaruh bahasa asing; dan (3) dalam melakukan presentasi sebagai praktik berbicara, mahasiswa BIPA Unesa melakukan kesalahan berbahasa lisan paling banyak berupa perubahan vokal/konsonan, sedangkan kesalahan tulis paling banyak terdapat pada penulisan ejaan.

Kata Kunci: Kesalahan berbahasa, presentasi, dan mahasiswa BIPA

Published
2022-07-08
Abstract Views: 424
PDF Downloads: 565