PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS MACROMEDIA FLASH UNTUK MATERI CERPEN KELAS XI MA MA’ARIF AL-MUHTADI

  • Lucky Oktavia Safira Universitas Negeri Surabaya
  • Suhartono Suhartono Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil kevalidan dan keefektifan media macromedia flash untuk
pembelajaran bahasa Indonesia materi cerpen kelas XI di Ma Ma’arif Al-Muhtadi. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif yang didukung kuantitatif. Proses pengembangan studi menggunakan research and development
(R&D) dengan model Borg & Gall yang telah dimodifikasi. Hasil penelitian terdiri atas keefektifan dan kevalidan media
pembelajaran mata pelajaran Bahasa Indonesia berbasis Macromedia Flash. Data diambil melalui observasi, kuesioner,
dan tes. Hasil penelitian yang dilakukan, mendapat hasil persentase kevalidan media pembelajaran Bahasa Indonesia
berbasis macromedia flash menurut ahli media pembelajaran adalah 70% ( Layak, bisa digunakan sesudah revisi kecil),
menurut ahli materi adalah dari segi kualitas 60% dan dari segi strategi 50% ( Layak, bisa digunakan sesudah revisi
kecil), menurut guru Bahasa Indonesia berdasarkan lembar aktivitas guru 100% dan berdasarkan lembar aktivitas siswa
70% ( sangat layak, sangat bisa digunakan), dari hasil uji coba keefektifan produk rata-rata dari para ahli dan guru 70%
sedangkan keefektifan dari belajar siswa 81%. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Bahasa Indonesia
berbasis macromedia flash efektif dan layak digunakan pada pembelajaran Bahasa Indonesia materi cerpen.
Kata Kunci: Pengembangan, media Macromedia Flash, Bahasa Indonesia, Cerita pendek (cerpen)

Published
2022-07-14
Abstract Views: 40
PDF Downloads: 87