PENGARUH MEDIA CANVA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS SURAT UNDANGAN TIDAK RESMI SISWA KELAS V SD INSAN MULYA KOTA BARU DRIYOREJO

  • Yuli Dwi Astuti Universitas Negeri Surabaya
  • Mulyono Mulyono Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pada kurikulum 2013, materi menulis yang harus dipahami siswa adalah membuat surat undangan. Untuk
dapat memahami keterampilan menulis diperlukan latihan yang berkesinambungan dengan penggunaan
media pembelajaran yang sesuai. Selain itu, hal yang melatarbelakangi penelitian ini adalah siswa kelas V
SD Insan Mulya Driyorejo dalam membuat surat undangan masih konvensional dengan minim desain,
sehingga siswa kurang antusias dan bersifat pasif. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah
mendeskripsikan pengaruh media Canva terhadap pembelajaran menulis surat undangan serta
mendeskripsikan respon siswa terhadap pembelajaran menulis dengan menggunakan media Canva.
Penelitian ini termasuk penelitian deskripif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD
Insan Mulya Kota Baru Driyorejo. Metode pengumpulan data dengan pemberian tes menulis untuk
menggambarkan keterampilan menulis siswa serta lembar angket untuk menggambarkan respon siswa..
Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil analisis siklus I menunjukkan bahwa nilai siswa untuk
aspek menulis dan respon meningkat di siklus II. Rata-rata nilai menulis siswa pada penelitian awal adalah
64,8, siklus I adalah 77,3 dan 90,3 di siklus II. Rata-rata nilai untuk respon siswa pada penelitian awal
adalah 74,2, di siklus I adalah 84,2 dan 93,8 di siklus II.. Disimpulkan bahwa pengunaan media Canva
berpengaruh positif terhadap keterampilan menulis dan respon siswa.
Kata Kunci: media canva, menulis, surat undangan tidak resmi

Published
2022-08-02
Abstract Views: 82
PDF Downloads: 527