PENGARUH METODE OUTDOOR LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 JATIREJO MOJOKERTO

  • Aura Dina Danurwendah Universitas Negeri Surabaya
  • Mintowati Mintowati Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan metode Outdoor Learning terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMK Negeri 1 Jatirejo Mojokerto. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain pre-eksperimental dengan bentuk One Group Pretest-Posttest. Bentuk One Group Pretest-Posttest merupakan bentuk penelitian yang menggunakan satu kelas sebagai sampel yang diberi tes awal (pretest) sebelum adanya perlakuan dan diberi tes akhir (posttest) setelah adanya perlakuan. Teknik analisis pada penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat perbedaan perkembangan pada sikap peserta didik setelah diterapkannya metode Outdoor Learning, yakni didapat rata-rata keseluruhan observasi adalah 86,5%. (2) Hasil analisis uji Paired Samples T-test mendapat nilai sig. 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya, terdapat pengaruh metode Outdoor Learning terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMK Negeri 1 Jatirejo. (3) Berdasarkan hasil analisis respon siswa didapatkan rata-rata 85,88% dan dikategorikan sangat baik.

Kata Kunci: pre-eksperimen, outdoor learning, puisi.

Published
2022-11-04
Abstract Views: 38
PDF Downloads: 36