PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TUTORIAL DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VII G SMPN 45 SURABAYA

  • Latifa Mury Universitas Negeri Surabaya
  • Trinil Turistiani Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan penggunaan media video tutorial dalam
pembelajaran menulis teks prosedur siswa kelas VII G SMPN 45 Surabaya, (2)
mendeskripsikan hasil belajar sebelum dan setelah menggunakan media video tutorial dalam
pembelajaran menulis teks prosedur siswa kelas VII G SMPN 45 Surabaya, dan (3)
mendeskripsikan respon siswa kelas VII G SMPN 45 Surabaya setelah menggunakan media
video tutorial dalam pembelajaran menulis teks prosedur. Teori pada penelitian ini
menggunakan teori penelitian kuantitatif, Jenis penelitian ini eksperimen yang menggunakan
desain pra-eksperimen dengan jenis One Group pretest-posttest Design (Satu Kelompok
Pretes-Postes). Subjek penelitian ini siswa kelas VII G SMPN 45 Surabaya yang berjumlah 22
siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, teknik
tes berupa pretes dan postes, serta teknik angket. Teknik analisis data yang dilakuikan dalam
penelitian ini yaitu teknik analisis data kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
(1) proses pembelajaran dengan menggunakan media video tutorial berjalan baik dan lancar
yang dibuktikan dengan perhitungan hasil persentase lembar aktivitas guru sebesar 95% dan
aktivitas siswa sebesar 88%, (2) terdapat perbedaan hasil belajar siswa setelah menggunakan
media video tutorial lebih tinggi dibandingkan sebelum menggunakan media video tutorial,
terbukti dari nilai rata-rata pretes sebesar 58 (belum mencapai KKM) dan postes sebesar 83
(sudah di atas KKM). Tingkat keefektifan penggunaaan media video tutorial dapat dilihat dari
hasil uji-T yang nilainya sebesar 6,4 dibandingkan dengan nilai T-tabel pada taraf signifikansi
5%, (3) penggunaan media video tutorial mendapatkan respon yang positif dari siswa, terbukti
dari angket respon siswa rata-rata yaitu ‘Sangat Setuju’ 40%, ‘Setuju’ 58%, dan ‘Tidak Setuju’
2%.
Kata Kunci: media pembelajaran, video tutorial, teks prosedur.

Published
2023-01-06
Abstract Views: 31
PDF Downloads: 116