PENERAPAN METODE MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN MENGANALISIS UNSUR INTRINSIK CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS XI SMA ISLAM TERPADU BAITUL ULUM GEMPOL

  • Adinda Amalia Sholichah Universitas Negeri Surabaya
  • Mintowati Mintowati Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan penerapan metode mind mapping dalam pembelajaran
menganalisis unsur intrinsik cerpen pada siswa kelas XI SMA Islam Terpadu Baitul Ulum Gempol; (2)
Mendeskripsikan hasil belajar siswa setelah diterapkan metode mind mapping dalam pembelajaran
menganalisis unsur intrinsik cerpen pada siswa kelas XI SMA Islam Terpadu Baitul Ulum Gempol, dan; (3)
Mendeskripsikan respon siswa kelas XI SMA Islam Terpadu Baitul Ulum Gempol terhadap penerapan
metode mind mapping dalam pembelajaran menganalisis unsur intrinsik cerpen. Jenis penelitian ini yaitu
penelitian eksperimen dengan menggunakan Pre-Experimental Design dengan jenis one-shot case study.
One-shot case study merupakan bentuk penelitian yang dilakukan pada satu kelompok dan tidak memiliki
kelompok kontrol sebagai pembanding, sehingga dengan jenis one-shot case study siswa hanya diberi tes
saat proses pembelajaran telah dilakukan (posttest). Analisis data dilakukan dengan menggunakan dua
teknik, yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan: 1)
Hasil belajar siswa berupa tes objektif menunjukkan bahwa siswa dengan kategori tuntas sejumlah 20 siswa
dengan persentase 80% dan 5 siswa dengan kategori tidak tuntas dengan persentase 20%. Selanjutnya, pada
tes subjektif diperoleh 19 siswa dengan kategori tuntas dengan persentase 76% dan 6 siswa dengan kategori
tidak tuntas dengan persentase 24%. Berdasarkan hasil one sample t test, diketahui nilai thitung tes objektif
5,051 > ttabel 2,064 dan nilai thitung tes subjektif 4,580 > ttabel 2,064 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05.
Sesuai dengan dasar pengambilan keputusan, maka Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya, penerapan metode
mind mapping membawa pengaruh bagi siswa dalam pembelajaran menganalisis unsur intrinsik cerpen. 2)
Respon siswa terhadap proses pembelajaran cerpen dengan menerapkan metode mind mapping yaitu
pernyataan Sangat Setuju (SS) sejumlah 33,6%; pernyataan Setuju (S) sejumlah 55,2%; pernyataan
Kurang Setuju (KS) sejumlah 9,2% , dan; pernyataan Tidak Setuju (TS) sejumlah 2% . Maka dapat
disimpulkan jika penerapan metode mind mapping dalam pembelajaran menganalisis unsur intrinsik cerpen
mendapat respon positif dari siswa kelas XI SMA Islam Terpadu Baitu Ulum Gempol. 3) Hasil observasi
yang dilakukan oleh guru Bahasa Indonesia terhadap peneliti selama proses pembelajaran memperoleh
persentase sebesar 94,66% yang termasuk dalam kategori Sangat Baik (SB).
Kata Kunci: Mind Mapping, unsur intrinsik, cerpen.

Published
2023-01-06
Abstract Views: 59
PDF Downloads: 136