Pengaruh Penggunaan Media Motion Graphic pada Pembelajaran Teks Negosiasi di Kelas X SMK Pancasila Dander

  • Triana Nugrahini Puspitasari Universitas Negeri Surabaya
  • Syamsul Sodiq Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Media audio visual merupakan salah satu media yang memiliki kombinasi audio dan visual (pandangdengar). Media audio visual yang kita teliti adalah motion graphic yang dapat menyajikan bahan ajar
kepada siswa secara lengkap dan optimal. Motion graphic mengandung ilustrasi materi pembelajaran
yang dapat memudahkan siswa untuk memahami maksud dan tujuan dari kegiatan pembelajaran. Dalam
penelitian ini, peneliti memilih teks negoisasi sebagai materi pembelajaran dengan media motion graphic.
Teks negoisasi merupakan teks yang sering digunakan di lingkungan sekitar. Sehingga perlu kita sajikan
contoh teks negoisasi yang baik dan benar dalam bentuk motion graphic agar siswa memiliki tingkat
minat belajar yang tinggi, aktif dalam kegiatan pembelajaran, dan bayangan penerapan teks negoisasi.
Tujuan yang ingin dicapai oleh peneliti yaitu, 1) mendeskripsikan penggunaan media motion graphic
pada pembelajaran teks negosiasi kelas X di SMK Pancasila Dander,; 2) mendeskripsikan hasil belajar
siswa dengan menggunakan media motion graphic pada pembelajaran teks negosiasi,; 3)
mendeskripsikan respon siswa terhadap penerapan media motion graphic pada pembelajaran teks
negosiasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan datanya
menggunakan lembar observasi guru dan siswa, pretes dan postes,. Peneliti menggunakan tiga instrumen,
yaitu observasi, tes, dan angket.
Kata Kunci: tawar-menawar, negosiasi, motion graphic

Published
2023-03-18
Abstract Views: 41
PDF Downloads: 108