PENGEMBANGAN VIDEO INTERAKTIF ETIKA BERTAMU BERBASIS PLURIKULTURAL BAGI PEMELAJAR BIPA MADYA

  • Hafidh Wahyu Nurwanandi
  • Prima Vidya Asteria

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pengembangan video interaktif melalui model ADDIE dan mendeskripsikan kualitas video interaktif. Penelitian ini menggunakan metode pegembangan RnD dengan model ADDIE yang terdiri dari lima langkah yaitu, Analyze, Desai, Development, Implementation, Evaluation. Sumber data dari penelitian ini adalah pemelajar BIPA di Universitas Negeri Surabaya dengan teknik pengumpulan menggunakan lembar validasi, soal tes, dan angket. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukan bahwa proses pengembangan video interaktif untuk pembelajaran materi etika bertamu yang ada di Indonesia dan jenis-jenis kalimat dengan menggunakan lima langkah ADDIE. Pada tahap analisis dilakukan wawancara keapda pengajar BIPA dan menyebarkan angket keapda pemelajar BIPA untuk mengetahui karakteristik dan kebetuhan pemelajar BIPA. Kemudian tahap desain untuk menyusun konsep video dan tujuan pembelajaran serta materi yang akan disampaikan kepada pemelajar BIPA. Setelah menyusun konsep dilanjutkan dengan proses pengembangan yang terdiri dari pengambilan gambar, mengedit video dan melakukan validsi kepada validator ahli materi dan media. Kemudian dilanjutkan tahap implementasi atau uji coba kepada pemelajar BIPA yang bertujuan untuk mengetahui keefektifan media video interaktif yang dikembangkan. Terakhir evaluasi dimana penyempurnaan dari media video interaktif yang dibuat. Untuk kualitas media interaktif nilai validasi yang didapatkan dari validator ahli sebesar 95,65%, nilai keefektifan 87,5%, dan nilai kepraktisan 96,66%.

Kata Kunci : Etika bertamu, Jenis kalimat, Kualitas Video Interaktif.

Published
2023-07-04
Abstract Views: 30
PDF Downloads: 33