KUALITAS KEBAHASAAN PADA TEKS DESKRIPSI KARANGAN SISWA KELAS VII-C UPT SMP NEGERI 27 GRESIK

  • Riza Dwi Febrianti
  • Trinil Dwi Turistiani

Abstract

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya mengetahui kualitas kebahasaan pada teks deskripsi yang ditulis siswa. Tujuannya untuk mendeskripsikan kualitas kebahasaan pada teks deskripsi karangan siswa kelas VII-C UPT SMP Negeri 27 Gresik, meliputi (1) pemakaian ejaan, (2) penulisan kata, (3) penggunaan kalimat, dan (4) isi teks deskripsi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data penelitian berupa kata dan kalimat dari teks deskripsi siswa kelas VII-C tahun pelajaran 2022/2023. Pengumpulan data menggunakan teknik dokumentatif dan analisis data dilakukan dengan analisis konten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pemakaian ejaan memiliki 65% data salah pada pemakaian huruf kapital dan 35% data benar. Penulisan kata memiliki 55% data benar dan 45% data salah. Penggunaan tanda baca memiliki 67% data benar dan 33% data salah. (2) Pemilihan kata pada syarat kecermatan memiliki 59% data benar dan 41% data salah. Pada syarat ketepatan memiliki 51% data benar dan 49% data salah. Pada syarat keserasian, 61% data salah dan 39% data benar. (3) Kualitas kalimat menunjukkan 61% memenuhi syarat kesepadanan, 39% belum; 94% memenuhi syarat keparalelan, 6% belum; 78% memenuhi syarat ketegasan, 22% belum; 57% memenuhi syarat kepaduan, 43% belum; 69% memenuhi syarat kelogisan, 31% belum; pada syarat kehematan 55% belum memenuhi, 45% memenuhi; syarat kecermatan 51% belum memenuhi, 49% memenuhi. (4) Untuk isi teks deskripsi, siswa telah fokus memaparkan objek secara detail dengan 100% data yang benar. Siswa juga menggunakan kalimat perincian dalam teks deskripsi sebesar 90%, sedangkan struktur teks deskripsi mayoritas hanya mencakup deskripsi bagian (95%) tanpa bagian identifikasi (65%) dan bagian penutup (80%).

Kata Kunci: Kualitas Kebahasaan, Teks Deskripsi, Siswa Kelas VII

 

Published
2023-07-05
Abstract Views: 24
PDF Downloads: 30