PENGEMBANGAN BUKU BERJENJANG TEKS PROSEDUR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA MADRASAH ALIYAH DARUL ULUM WARU SIDOARJO

  • Muhammad Arjun
  • Kisyani Laksono

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan tingkat kemampuan siswa Madrasah Aliyah Darul Ulum Waru yang kurang baik dalam hal membaca. Kurangnya minat baca siswa menjadi faktor utama yang menyebabkan rendahnya kemampuan membaca siswa. Hal itu berdasarkan hasil wawancara dengan salah satu guru Bahasa Indonesia di sekolah tersebut. Alternatif yang dilakukan dalam penelitian ini untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan cara memberikan buku bacaan yang disukai siswa. Buku yang dimaksud adalah buku berjenjang yang pembuatannya disesuaikan dengan kemampuan membaca siswa. Media  pembelajaran yang digunakan berupa tiga tingkat buku berjenjang teks prosedur. Tiga jenjang yang dimaksud yaitu jenjang E untuk kelas sebelas IPS 6, jenjang F untuk kelas sebelas IPS 5, dan jenjang G untuk kelas sebelas IPS 4. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode penelitian dan pengembangan (Reseacrch and Development). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket validasi dan lembar soal pre-tes dan post-tes yang ditujukan kepada 10 siswa pada masing-masing kelas. Kesesuaian keterbacaan buku disesuaikan dengan perhitungan grafik fry. Kelayakan buku, isi, dan grafika serta perbandingan hasil pre-tes dan post-tes menunjukkan bahwa buku berjenjang teks prosedur dapat dijadikan sebagai bahan untuk meningkatkan minat baca siswa.

Kata Kunci: Buku Berjenjang, teks prosedur, kemampuan membaca siswa.

Published
2023-07-05
Abstract Views: 37
PDF Downloads: 48