PENGEMBANGAN VIDEO INTERAKTIF KULINER NUSANTARA BERMUATAN IMPLIKATUR PADA PEMELAJAR BIPA MADYA

  • Oktaviani Tri Saprika
  • Prima Vidya Asteria

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah pentingnya penggunaan media pembelajaran. Media pembelajaran dapat mempengaruhi tercapainya tujuan pemnelajaran. Video interaktif merupakan salah satu media yang dapat digunakan dalam membantu proses pembelajaran, salah satunya materi kata ulang pada kuliner nusantnara bermuatan implikatur. Materi tersebut dikemas secara menarik, ringkas dengan tujuan agar mudah dipahami. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pengembangan media video interaktif  melalui metode ADDIE dan mendeskripsikan kualitas video dari aspek kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan. Penelitian ini menggunakan metode pengemabangan RnD dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu analyz, design, develop, implementation, dan evaluation. Sumber data dari penelitian ini adalah pemelajar BIPA madya di Universitas Negeri Surabaya dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa validasi, observasi, tes, dan angket. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa proses pengembangan media video interaktif untuk pembelajaran materi kata ulang pada kuliner nusantara bermuatan implikatur dengan menggunakan lima langkah ADDIE dapat dikategorikan layak untuk digunakan. Hal ini didasarkan pada aspek kevalidan 77,18% dengan kategori “layak”, aspek keefektifan 89% dengan kategori “sangat baik”, dan aspek kepraktisan 87% dengan kategori “sangat baik”. Hasil akhir penentuan kualitas media video interaktif menunjukkan presentasi sebesar 84,33%. Persentase nilai tersebut termasuk dalam kriteria sangat berkualitas. Jadi dapat disimpulkan bahwa media video interaktif materi kata ulang pada kuliner nusantara bermuatan implikatur dapat dinyatakan sebagai media pembelajaran yang berkualitas untuk digunakan dalam pembelajaran BIPA Madya.

 

Kata kunci: BIPA, implikatur, kuliner nusantara, video interaktif

Published
2023-07-06
Abstract Views: 51
PDF Downloads: 41