KARAKTER TOKOH ANAK DALAM NOVEL KECIL-KECIL PUNYA KARYA TEKA-TEKI DI SEKOLAH BARU KARYA MUHAMMAD NABIL FAHRAZI DAN BESTIES FOREVER KARYA FATIMAH AZZZAHRA

  • Ainina Salsabila
  • Suyatno Suyatno

Abstract

Karakter dapat dijadikan penyeimbang bagi perkembangan emosional dan spritual anak kedepannya dalam sikap yang ditampilkan pada kehidupan sehari-hari. Karakter dalam sebuah karya sastra diciptakan oleh pengarang untuk menyampaikan gagasan dan perasaannya tentang sesuatu hal yang terjadi di dunia ini. Penelitian ini menganalisis karakter tokoh anak dalam novel kecil-kecil punya karya Teka-Teki Di Sekolah Baru dan Besties Forever. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bentuk karakterisasi secara langsung (telling) dan karakterisasi secara tidak langsung (showing) dan perwujudan karakter tokoh anak dalam novel kecil-kecil punya karya Teka-Teki Di Sekolah Baru dan Besties Forever. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif karena memperoleh data berupa teks tertulis. Sumber data pada penelitian ini adalah novel kecil-kecil punya karya Teka-Teki Di Sekolah Baru dan Besties Forever. Teknik analasis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yaitu pengumpulan, identifikasi, penyajian dan simpulan. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini terbagi menjadi dua yaitu metode karakterisasi langsung (telling) dan metode tidak langsung (showing). Metode telling meliputi karakterisasi melalui nama tokoh, karakterisasi melalui penampilan tokoh, karakterisasi melalui tuturan pengarang. Metode showing mencakup dialog dan tingkah laku, karakterisasi melalui dialog, apa yang dikatakan penutur, dan karakterisasi melalui tingkah laku para tokoh. Sesuai dengan rumusan masalah, hasil analisis data dalam penelitian ini yaitu bentuk perwujudan karakter tokoh anak yang disampaikan secara langsung (telling) maupun tidak langsung (showing) dalam novel Teka-teki Di Sekolah Baru karya Muhammad Nabil Fahrazi  dan Besties Forever karya Fatimah Azzahra.

Kata Kunci: Karakter anak, Metode telling, Metode showing

Published
2023-07-06
Abstract Views: 15
PDF Downloads: 55