KESALAHAN PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA BAKU PADA TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII-B SMP NEGERI 17 SURABAYA

  • Cindy Afiffatus Syafi
  • Hespi Septiana

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan ejaan, susunan kalimat, serta susunan paragraf pada teks deskripsi siswa kelas VII-B SMP Negeri 17 Surabaya. Penelitian ini menggunakan teori dalam analisis kesalahan berbahasa. Metode penelitian yang digunakan yakni metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah kata atau kalimat dalam teks deskripsi siswa yang mengandung kesalahan bahasa Indonesia baku. Data penelitian disajikan dalam bentuk tulisan berupa analisis kesalahan penggunaan ejaan, susunan kalimat, dan susunan paragraf serta kecenderungan kesalahan bahasa Indonesia baku yang banyak ditemukan dalam teks deskripsi siswa sesuai dengan rumusan masalah. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik baca dan catat secara berulang dan komprehensif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat tujuh puluh lima kesalahan dalam penggunaan ejaan, susunan kalimat, dan susunan paragraf. Kesalahan ejaan yang paling banyak ditemukan adalah penulisan kata. Kesalahan susunan kalimat yang paling banyak ditemukan adalah ketidakhematan. Kesalahan susunan paragraf yang paling banyak ditemukan adalah ketidakpaduan.

 

Kata kunci: kesalahan ejaan, susunan kalimat, susunan paragraf.

Published
2023-07-06
Abstract Views: 125
PDF Downloads: 191