PENGEMBANGAN MODEL MIND MAPPING BERBASIS TANDUR DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS FIKSI PUISI FASE E KELAS X

  • Alivia Nur Azizah
  • Fafi Inayatillah

Abstract

Penelitian ini adalah jenis penelitian pengembangan yang menciptakan produk yaitu nodel mind mapping. Penelitian pengembangan model mind mapping adalah pengembangan media untuk materi ajar teks puisi pada semester genap dan telah diujicobakan di SMA Negeri 20 Surabaya.  Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pelaksanaan media dalam pembelajaran dan meningkatkan minat siswa terhadap puisi. Oleh karena itu, disusunlah model mind mapping menggunakan metode TANDUR dalam pembelajaran menulis teks fiksi puisi. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan (1) proses pengembangan model mind mapping berbasis TANDUR dan (2) kualitas model pengembangan mind mapping berbasis TANDUR meliputi kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan. Penelitian menggunakan model pengembangan Thiagarajan 4D meliputi pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Namun, tahapan penyebaran tidak terlaksanakan karena keterbatasan dana dan penelitian. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas X-3 dan X-4 SMA Negeri 20 Surabaya. Teknik penelitian menggunakan teknik wawancara untuk mengetahui karakteristik siswa dan teknik angket untuk mengetahui kebutuhan siswa. Proses pemerolehan data mengenai kualitas model mind mapping didapatkan dengan teknik validasi. Kevalidan model mind mapping memiliki nilai 86,42% dengan kualifikasi “sangat layak. Keefektifan pengembangan model mind mapping dinilai berdasarkan hasil belajar memperoleh 89,21% serta hasil pengamatan guru dan siswa memperoleh 93,75% dengan kualifikasi “sangat baik”. Kepraktisan model mind mapping berbasis TANDUR memperoleh 91,20% dengan kualifikasi “sangat praktis”.

Kata kunci: Pengembangan, Model Mind Mapping, TANDUR, Teks Puisi.

  

Published
2023-07-09
Abstract Views: 50
PDF Downloads: 45