PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK BERBASIS KEARIFAN LOKAL DALAM PEMBELAJARAN PEMAHAMAN DAN KETERAMPILAN MENULISCERITA FANTASI PESERTA DIDIK KELAS VII

  • Fatmasari Fatmasari
  • Syamsul Sodiq

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kecenderungan ketertarikan peserta didik terhadap teks bergambar daripada teks tulisan panjang. Namun, dalam pembelajaran bahasa Indonesia, terutama materi cerita fantasi, penggunaan teks bergambar sebagai media pembelajaran belum dimaksimalkan. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan, kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan media komik berbasis kearifan lokal dalam pembelajaran cerita fantasi peserta didik kelas VII. Prosedur pengembangan ADDIE digunakan dalam penelitian ini. Adapun sampel yang digunakan merupakan peserta didik kelas VII-H UPT SMPN 9 Gresik. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari deskriptif, skala Likert, dan Uji t. Adapun hasil yang didapatkan dari penelitian, yaitu 1) proses pengembangan media komik berbasis kearifan lokal dapat dilakukan dengan baik menggunakan prosedur ADDIE; 2) media komik berbasis kearifan lokal mendapatkan persentase kevalidan materi dan bahasa 97,33% (sangat layak), serta persentase kevalidan desain 73,75% (layak); 3) media komik berbasis kearifan lokal secara signifikan efektif digunakan dalam pembelajaran pemahaman dengan ditemukannya hasil t hitung (6,655) lebih besar daripada t tabel, baik pada signifikansi 5% maupun 1%, efektif dalam meningkatkan antusiasme dan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran, serta cukup efektif membuat peserta didik mampu menulis cerita fantasi singkat; 4) media komik berbasis kearifan lokal merupakan media yang praktis digunakan dalam pembelajaran pemahaman dan keterampilan menulis cerita fantasi.

Kata Kunci: media komik, kearifan lokal, cerita fantasi, ADDIE.

Published
2023-07-09
Abstract Views: 74
PDF Downloads: 0 PDF Downloads: 116