KEEFEKTIFAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN FIND SOMEONE WHO PADA PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KURIKULUM MERDEKA SISWA KELAS VII SMP SEMEN GRESIK

  • Nurdzihan Zahriz Zaman
  • Bambang Yulianto Yulianto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripaikan keefektifan penerapan model pembelajaran Find Some Who pada peningkatan kemampuan pemecahan masalah Bahasa Indonesia kurikulum merdeka siswa kelas VII SMP Semen Gresik. Penelitian ini menggunakan metode Pre-Eksperimental Design dengan model One Group Pretest-Posttest Design.  Sementara itu, metode analisis yang digunakan adalah dengan Uji-t dan Uji n-Gain. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan perbedaan yang signifikan antara sebelum dan setelah diberikan perlakuan pada kelas eksperimen find some-one who Sebelum melakukan perbandingan nilai pretest dan posttest menggunakan Uji-t, Langkah pertama adalah dengan menghitung nilai Standar deviasi (Sd) dengan menggunakan rumus yang telah ditentukan. Nilai Standar deviasi (Sd) dari data di atas adalah Sd=7,64. Setelah diperoleh hasil perhitungan yang menunjukkan nilai Uji-t adalah t = 2,401. Nilai t-hitung kemudian dibandingkan dengan nilai t tabel, dengan taraf signifikansi 5% dan derajat kebebasan 22 atau nilai t-tabel sebesar 2,074. Dari nilai t-hitung dan t-tabel dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai t-hitung dengan nilai t-tabel. Karena t-hitung = 2,401 > t-tabel = 2,074 maka Hk diterima. Kemudian dilakukan perhitungan n-gain (g). Hasil perhitungan nilai gain (g) yang diperoleh adalah 0,47. berdasarkan rentang normalized gain nilai yang diperoleh memiliki kriteria keefektifan yang efektif. Se-hingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelaja-ran Find Someone Who pada siswa kelas VII SMP Semen Gresik efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah.

Kata Kunci: Keefektifan, Pembelajaran Kooperatif, Pemecahan Masalah, Kurikulum Merdeka

Published
2023-07-09
Abstract Views: 36
PDF Downloads: 26