PENGEMBANGAN MODUL AJAR “MENJAGA KEBERSIHAN LINGKUNGAN” BERMUATAN IMPLIKATUR BERBASIS PLURIKULTURAL BAGI PEMELAJAR BIPA MADYA

  • Fransisca Tyas Rahmawati Rahmawati
  • Prima Vidya Asteria

Abstract

Penelitian ini meliputi pentingnya penggunaaan materi ajar dalam proses pembelajaran mahasiswa BIPA. Materi ajar dapat mempengaruhi tercapainya tujuan pembelajaran. Salah satu alat yang dapat digunakan dalam menunjang proses pembelajaran yaitu modul ajar dan materi yang akan dituliskan di dalam modul ajar yaitu materi menjaga kebersihan lingkungan bermuatan implikatur berbasis plurikultural. Materi dalam modul dikemas secara menarik dan ringkas dengan tujuan agar mudah dipahami. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan modul ajar melalui model pengembangan ADD dan mendeskripsikan kualitas modul dari aspek kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode R&D dengan model pengembangan ADD yang terdiri dari tiga tahap yaitu analyze,design, development. Sumber data dari penelitian ini adalah pemelajar BIPA Madya di Universitas Negeri Surabaya dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa validasi, observasi, dan tes. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa proses pengembangan modul ajar untuk pembelajaran materi menjaga kebersihan lingkungan bermuatan implikatur berbasis plurikultural dengan menggunakan model ADD dapat dikategorikan layak digunakan. Hal ini didasarkan pada aspek dari hasil konsultasi validasi materi, dan konsultasi validasi media yang menunjukkan presentasi 91,66%. Kualitas modul ajar dapat dikategorikan sebagai media yang sangat berkualitas sehingga dapat diterapkan untuk pembelajaran materi menjaga kebersihan lingkungan bermuatan implikatur.

 Kata Kunci: Bahan Ajar, BIPA, Implikatur, Plurikultural.

Published
2023-07-09
Abstract Views: 101
PDF Downloads: 52