PENGEMBANGAN VIDEO INTERAKTIF BERMUATAN NORMA AKTIVITAS SEHARI-HARI BERBASIS PLURIKULTURAL BAGI PEMELAJAR BIPA MADYA

  • Lukman Hadi Wibowo
  • Prima Vidya Asteria

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah jumlah media pembelajaran BIPA yang terbatas sehingga perlu adanya pengembangan media pembelajaran BIPA. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran video interaktif  bermuatan norma aktivitas sehari-hari masyarakat Indonesia sebagai media pembelajaran BIPA madya. Penelitian ini menggunakan metode R&D dengan model ADDIE yang terdiri atas lima tahap yaitu analisis (analyze), desain (design), pengembangan (develop), implementasi (implement), dan evaluasi (evaluate). Namun pada penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan. Tahap analisis berisi analisis silabus, sumber belajar dan kebutuhan pemelajar BIPA. Tahap desain berisi rancangan prototipe dan story board pembuatan media pembelajaran BIPA. Tahap pengembangan berisi pengambilan dan pengeditan video interkatif, serta validasi produk. Materi yang dipilih adalah kata imbuhan dalam norma aktivitas sehari-hari. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil validasi ahli media dan validasi ahli materi. Data dianalisis menggunakan teknik kualitatif. Kualitas media pembelajaran diperoleh dari hasil validasi ahli media dan validasi ahli materi. Hasil persentase validator ahli media adalah 93,75% dan validator ahli materi 95%. Rata-rata dari hasil akhir validasi ahli media dan validasi ahli materi adalah 94,37%. Dari hasil rata-rata validasi ahli media dan validasi ahli materi dapat disimpulkan bahwa media video interaktif bermuatan norma aktivitas sehari-hari layak digunakan sebagai media pembelajaran BIPA level madya.

Kata Kunci: BIPA, video interaktif, norma aktivitas sehari-hari, kata imbuhan.

Published
2023-07-10
Abstract Views: 41
PDF Downloads: 75