PENGEMBANGAN MODUL AJAR NORMA AKTIVITAS SEHARI-HARI BERBASIS PLURIKULTURAL BAGI PEMELAJAR BIPA MADYA

  • Ashdaq Qoil Fillah
  • Prima Vidya Asteria

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan modul ajar norma aktivitas sehari-hari berbasis prlurikultural bagi pemelajar BIPA madya. Pentingnya penggunaan modul ajar dapat mempengaruhi tercapainya tujuan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode pengemabangan R&D dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu analyze, design, develop, implementation, dan evaluation. Akan tetapi pada penelitian ini hanya menjelaskan tahap Analyze (Analisis), Design (Desain), dan Development (Pengembangan). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pengembangan modul ajar menggunakan model ADDIE dan mendeskripsikan kualitas modul dari aspek kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan. Sumber data dari penelitian ini adalah pemelajar BIPA madya di Universitas Negeri Surabaya dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa validasi, observasi, tes, dan angket. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa proses pengembangan modul ajar untuk pembelajaran materi kata hubung pada norma aktivitas sehari-hari berbasis plurikultural dengan menggunakan model ADDIE dapat dikategorikan layak untuk digunakan. Hal ini didasarkan pada aspek kevalidan dari hasil validasi materi dan validasi media yang menunjukkan persentase 78,43% dengan kategori layak, aspek keefektifan yang menunjukkan persentase sebesar 88% dengan kategori sangat baik, dan aspek kepraktisan yang menunjukkan persentase 98,66% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan aspek kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan kualitas modul ajar dapat dikategorikan sebagai modul yang sangat berkualitas dengan persentase sebesar 87,96%. Dapat disimpulkan bahwasanya modul ajar norma aktivitas sehari-hari berbasis plurikultural bagi pemelajar BIPA madya layak digunakan.

Kata Kunci: BIPA, modul ajar, norma, plurikultural

Published
2023-07-10
Abstract Views: 30
PDF Downloads: 36