IMPLEMENTASI MODEL PROBING PROMPTING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS VII SMP 18 NEGERI SURABAYA

  • Ardiatus Sholeha Universitas Negeri Surabaya
  • Bambang Yulianto Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa untuk mengikuti pembelajaran dan  model pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi sehingga siswa tidak fokus saat mengikuti pemebelajaran dan mengalami kesulitan untuk memahami materi yang disampaikan sehingga hasil belajar siswa tidak mencapai target yang ingin dicapai. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) mengetahui perencanaan pembelajaran menulis teks deskripsi dengan menggunakan model probing prompting (2) mengetahui pelaksanaan dan hasil pembelajaran menulis teks deskripsi dengan menggunakan model probing prompting (3) mengetahui pendapat siswa dan guru terhadap penerapan model probing prompting dalam pembelajaran menulis teks deskripsi. Metode penelitian ini menggunakan mix methode yaitu metode kombinasi kuantitatif dan kualitatif. Teknik penguumpulan data dalam penelitian adalah analisis observasi, analisis data tes awal dan tes akhir siswa, analisis data angket siswa dan guru. Perencanaan yang perlu dilakukan dalam pembelajaran menulis teks deskripsi dengan model probing prompting yaitu menyiapkan RPP, silabus, bahan ajar, contoh teks deskripsi, pertanyaan-pertanyaan dan power point. Pelaksanaan dalam pembelaran menulis teks deskripsi dengan model probing prompting yaitu guru menyajikan persoalan awal, meminta siswa merumuskan jawaban sementara, guru mengajukan persoalan yang lebih detail dan yang terakhir menyajikan persoalan akhir. Hasil belajar menggunakan SPSS versi 29 yang menunjukkan perbedaan yang signigfikan antara nilai tes awal dan tes akhir dengan dibuktikan nilai sig  sebesar <0,001 lebih kecil dari 0,05 (<0,05). Respon siswa menghasilkan 440 data, 230 data respon setuju, 194 data respon sanagt setuju, 13 data respon kurang setuju dan 3 data respon tidak setuju. Respon siswa terdapat 11 data, 3 data respon baik dan 8 data sangat suka. Hasil tersebut menunjukkan respon yang sangat baik.

 

Kata Kunci: Menulis teks deskripsi, Model pembelajaran, Probing prompting, Implementasi

Published
2023-07-10
Abstract Views: 23
PDF Downloads: 44