PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) DENGAN TEKNIK 3N (NONTONI, NITENI, NIROKAKE) KI HAJAR DEWANTARA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERPEN SISWA KELAS XI MA RADEN PAKU WRINGINANOM GRESIK
Abstract
Latar belakang adanya penelitian ini di MA Raden Paku Wringinanom Gresik yaitu pemecahan permasalahan terhadap kondisi siswa dalam kegiatan menulis yang belum efektif. Secara khusus, siswa percaya bahwa mereka tidak dapat menyusun dan mengungkapkan pemikiran mereka secara tertulis, khususnya dalam cerita pendek. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dengan teknik 3N (nontoni, niteni, nirokake) terhadap kemampuan menulis teks cerita pendek siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MA Raden Paku Wringinanom yang berjumlah 48 siswa. Jenis penelitian ini adalah jenis eksperimen berbentuk true experimental dengan desain pretest-posttest control group design dalam arti dilakukan sebagai percobaan nyata. Siswa kelas XI IPA sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS sebagai kelas kontrol dijadikan sebagai sumber data penelitian. Prosedur pengumpulan data yang melibatkan pengujian tes. Data dianalisis menggunakan analisis pretes dan postes dengan rumus uji-t. Berdasarkan hasil penelitian, model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dengan 3N (nontoni, niteni, nirokake) berdampak pada kemampuan siswa dalam memproduksi teks cerita pendek. Dibuktikan dengan peningkatan nilai rata-rata pre-tes kelas eksperimen yang memiliki skor rata-rata 61,76 dan total skor 1544. Skor pre-tes yang termasuk dalam kategori kurang sesuai dengan kriteria KKM. Tahap post test menghasilkan skor 2141 dan rata-rata 85,64, termasuk dalam kategori kinerja di atas tolok ukur KKM. Uji t menghasilkan t hitung sebesar 2,12 lebih besar dari nilai t tabel sebesar 2,013 (t hitung > t tabel), membuktikan bahwa penelitian eksperimen efektif dan terdapat pengaruh.
Kata Kunci: Project Based Learning, Teknik 3N, Teks Cerpen, Kemampuan Menulis