PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI BERGERAK SPARKOL VIDEOSCRIBE PADA MATERI PERUBAHAN MAKNA BAGI MAHASISWA JBSI

  • Adinda Laili Ramadani
  • Yuniseffendri Yuniseffendri

Abstract

Peneletian ini memiliki maksud untuk membantu pengajar dan mahasiswa dalam memahami materi dengan menggunakan media pembelajaran yang dapat dibuat dengan mudah dan menyenangkan. Maka dengan itu, peneliti menggunakan aplikasi Sparkol VideoScribe yang dapat digunakan untuk semua jenjang pendidikan. Dengan metode pengembangan ADDIE yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Analisis digunakan untuk menganalisis kebutuhan mahasiswa terkait media pembelajaran. Desain digunakan untuk merancang naskah materi dan merancang konsep media video pembelajaran. Pengembangan digunakan untuk membuat produk yaitu berupa video hasil. Implementasinya adalah menggunakan uji-uji dan tes. Sedangkan pada tahap evaluasi digunakan untuk membuat revisi akan video. peneliti memulai dengan menganalisis kebutuhan mahasiswa yang dilakukan dengan menyebar angket kebutuhan mahasiswa, lalu merancang video serta naskah materi, lalu masuk ke proses pembuatan video, untuk mengetahui kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan video pembelajaran maka media video pembelajaran di uji dengan uji validitas, angket respon mahasiswa, serta soal tes. Dengan uji-uji tersebut maka diperoleh hasil dari uji validitas yang diuji oleh validator ahli media dan validator ahli materi  memperoleh hasil 71,31% dan dikategorikan layak untuk menjadi media video pembelajaran. Lalu untuk angket respon mahasiswa mendapatkan hasil presentase 93,98% dan dikategorikan sangat baik. Dan yang terakhir adalah soal tes yang memperoleh hasil rata-rata kelas sebesar 94,84 yang dapat dikategorikan sangat mudah untuk dipahami.

Kata Kunci: Pendidikan, Penelitian Pengembangan, Media, VideoScribe, Perubahan Makna

 

Published
2023-07-21
Abstract Views: 32
PDF Downloads: 37