PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA HASIL KARYA FOTOGRAFI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 TARIK

  • Rosa Kurnia Widiawati
  • Kisyani Laksono

Abstract

Sulitnya menuangkan ide saat menulis puisi membuat siswa menjadi kurang bersemangat dalam berkarya. Oleh sebab itu, dalam pembelajaran menulis puisi diperlukan penggunaan media pembelajaran yang menarik untuk meningkatkan kreativitas siswa. Adapun media yang bisa digunakan untuk menunjang pembelajaran menulis puisi yaitu penggunaan media foto. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan media hasil karya fotografi terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas X di SMA Negeri 1 Tarik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen. Pada penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan pola pretest-postest control group design. Penelitian ini melibatkan dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil dari penelitian ini menunjukkan (1) diperoleh persentase aktivitas siswa sebesar 85% menunjukkan siswa aktif dalam mengikuti pembelajaran. (2) pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 60,73 dan nilai rata-rata postes sebesar 68,82. Sedangkan pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 61,94 dan nilai rata-rata postes sebesar 77,22. Hasil Uji-T juga menunjukkan bahwa lebih besar daripada   yakni (5,244 > 1,995). Terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol tanpa penggunaan media dengan kelas eksperimen yang diberi perlakuan menggunakan penerapan media hasil karya fotografi. (3) respon siswa  di kelas eksperimen menunjukkan respon yang positif pada pengaruh penggunaan media hasil karya fotografi terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMAN 1 Tarik.

Kata Kunci: eksperimen, puisi, fotografi.

Published
2023-08-01
Abstract Views: 10
PDF Downloads: 25