PENGARUH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERBASIS TPACK TERHADAP HASIL BELAJAR MENGIDENTIFIKASI DAN MERINGKAS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VIII SMPN 42 SURABAYA

  • Nina Nur Alfi Aulia
  • Heny Subandiyah

Abstract

Dalam dunia pendidikan, bahasa Indonesia merupakan salah satu mata pelajaran wajib yang harus ada dan diterapkan di semua jenjang mulai dari SD hingga SMA sederajat. Pembelajaran bahasa Indonesia selalu menyertakan berbagai jenis teks sebagai bahan pembelajaran salah satunya teks eksplanasi. Aktualisasi pembelajaran teks eksplanasi dipengaruhi oleh keberagaman atau variasi simulasi pembelajaran yang digunakan maka dari itu diperlukan pembaruan pembelajaran guna meningkatkan kepuasan dan hasil belajar dengan menerapkan pembelajaran berdiferensiasi berbasis TPACK. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gaya belajar yang dominan dimiliki oleh kelas VIII SMP Negeri 42 Surabaya, pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi berbasis TPACK, serta pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa. Untuk memenuhi tujuan tersebut, peneliti menggunakan penelitian True Experiment dengan Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni angket, observasi, dan tes sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, homogenitas, serta uji hipotesis. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat dua gaya belajar yang dominan dimiliki oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 42 Surabaya yakni, gaya belajar auditorial dan visual dengan persentase tertinggi sebesar 46% dan 44%. Pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi berbasis TPACK dilakukan berdasarkan gaya belajar siswa dengan menerapkan metode ceramah, FGD, dan window shopping yang berhasil meningkatkan partispasi siswa dengan persentase sebesar 86% dalam kategori sangat baik. Uji hipotesis tes menunjukkan bahwa pada kompetensi mengidentifikasi dan meringkas teks eksplanasi dihasilkan nilai signifikansi yang lebih kecil dari 0,05 yakni 0,000 dan 0,002 sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh pembelajaran berdiferensiasi berbasis TPACK terhadap hasil belajar mengidentifikasi dan meringkas teks eksplanasi.

Kata Kunci: Pembelajaran Berdiferensiasi, TPACK, Gaya Belajar, dan Hasil Belajar.

Published
2023-11-08
Abstract Views: 35
PDF Downloads: 63