PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS PUISI BERBASIS COMIC STRIP UNTUK SISWA KELAS VIII SMP PLUS GUMILAR PACET

  • Nurul Izzah F. Hidayat
  • Heny Subandiyah

Abstract

Bahan ajar merupakan instrumen yang menunjang pembelajaran sehingga perlu dirancang dengan baik untuk mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini mengembangkan bahan ajar menulis puisi berbasis komik strip untuk siswa kelas VIII. Tujuan penelitian ini untuk mendekripsikan bagaimana proses pengembangan dan mendeskripsikan kualitas bahan ajar menulis puisi berbasis komik strip untuk siswa kelas VIII. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model Thiagarajan yang menghasilkan produk berupa bahan ajar. Data penelitian ini berupa deskripsi proses pengembangan dan hasil penilaian. Sumber data penelitian ini adalah validator ahli, siswa kelas VIII SMP Plus Gumilar Pacet, dan guru mata pelajaran bahasa Indonesia di SMP Plus Gumilar Pacet. Teknik pengumpulan data pengembangan bahan ajar menggunakan teknik angket, observasi, dan tes. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar angket kebutuhan peserta didik, lembar validasi, lembar observasi kegiatan, lembar tes, dan lembar respons. Hasil penelitian yang didapatkan dari penelitian ini ada dua. Pertama, adalah hasil proses pengembangan bahan ajar dengan model Thiagarajan (4-D) yang hanya meliputi tiga tahap saja yaitu tahap pendefinisian, tahap perancangan, dan tahap pengembangan. Tahap pendefinisian melalui beberapa analisis yaitu analisis ujung depan, analisis siswa, analisis tugas, analisis konsep, dan analisis tujuan pembelajaran. Tahap perancangan terdiri atas langkah pemilihan format bahan ajar dan desain awal bahan ajar. Tahap pengembangan terdiri atas validasi, uji coba terbatas, uji coba luas, dan revisi. Kedua, adalah kualitas bahan ajar yang meliputi tiga aspek, yaitu bahan ajar dikatakan valid, bahan ajar dikatakan sangat efektif, dan bahan ajar dikatakan praktis.

Kata Kunci: Pengembangan Bahan Ajar, Menulis Puisi, Komik Strip.

Published
2024-01-16
Abstract Views: 11
PDF Downloads: 40