KLASIFIKASI EMOSI TOKOH DALAM NOVEL THE COLDEST BOYFRIEND KARYA ITSFIYAWN: KAJIAN PSIKOLOGI SASTRA DAVID KRECH SERTA MANFAATNYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

  • Zahrotun Nafisa
  • Heny Subandiyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan emosi tokoh dalam novel The Coldest Boyfriend karya Itsfiyawn dan manfaatnya dalam pembelajaran sastra di SMA. Berbagai emosi tokoh diungkapkan sesuai dengan teori klasifikasi emosi dari prespektif David Krech. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan psikologi sastra. Penelitian ini tergolong sebagai penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian diperoleh dari teks novel The Coldest Boyfriend karya Itsfyawn. Data yang dicantumkan berasal dari paragraf, kalimat, dialog, dan monolog yang menunjukkan emosi tokoh. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik simak-baca-catat sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis isi. Hasil dari penelitian ini ditemukan 11 jenis emosi yang sesuai dengan teori klasifikasi emosi yang dikemukakan oleh David Krech. Emosi yang dominan muncul dalam novel tersebut adalah emosi sedih. Emosi sedih yang ditunjukkan berkaitan dengan kehilangan seseorang atau sesuatu yang berharga dalam hidup, kekecewaan terhadap pasangan, tidak enak hati karena merasa merepotkan orang lain, putus cinta atau patah hati, dan perpisahan dengan pasangan. Lalu emosi yang kurang dominan atau lemah dalam novel adalah emosi jijik. Emosi tersebut berkaitan dengan rasa antipati atau geli terhadap sesuatu sehingga menimbulkan dan memberikan respon penghindaran atau menghindar. Emosi-emosi yang ditemukan dalam novel dapat dimanfaatkan untuk materi pembelajaran sastra yang bertujuan untuk memberikan gambaran cara manusia di alam nyata dalam mengenali, mengeskspresikan, dan mengelola emosinya. Selain itu, peserta didik dapat mempelajari nilai-nilai kehidupan yang dihadirkan di dalam novel dengan begitu secara tidak langsung membantu membentuk karakter peserta didik.

Kata Kunci: klasifikasi emosi, novel The Coldest Boyfriend, pembelajaran sastra

Published
2024-01-16
Abstract Views: 57
PDF Downloads: 82