EFEKTIVITAS MEDIA AUDIO MOVABLE BOOK DALAM PENINGKATAN PERBENDAHARAAN KATA ANAK LAMBAT BELAJAR DI AKASA CENTER SURABAYA
Abstract
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah mendeskripsikan efektivitas penggunaan media audio movable book dalam peningkatan perbendaharaan kata anak lambat belajar di Akasa Center Surabaya. Metodologi yang digunakan ialah metode eksperimen dengan model one-group pretest-posttest. Dengan model tersebut, anak diberikan tes awal terlebih dahulu, kemudian diberikan perlakuan yang sama menggunakan media audio movable book, lalu diberikan tes akhir untuk melihat efektivitas penggunaan media terhadap anak. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Uji-t dan Uji n-Gain untuk membuktikan efektivitas media terhadap penguasaan perbendaharaan kata anak. Hasil pretest dan posttest menunjukkan adanya perbedaan nilai yang signifikan di antara keduanya. Untuk menghitung Uji-t, terlebih dahulu dilakukan penghitungan standar deviasi (Sd) dan didapatkan nilai Sd sebesar 7,433. Setelah itu, barulah dilakukan penghitungan Uji-t, diperoleh hasil thitung sebesar 5,516. Apabila dibandingkan dengan nilai ttabel dengan taraf signifikansi 5% dan derajat kebebasan 7, yakni 2,365, didapatkan nilai thitung = 5,516 > ttabel = 2,365 sehingga H1 diterima. Setelah itu, dilakukan perhitungan n-Gain (g) yang menunjukkan nilai 0,745 atau setara dengan kriteria efektivitas tinggi. Maka dari itu, dapat ditarik simpulan penelitian bahwa penggunaan media audio movable book terbukti sangat efektif meningkatkan perbendaharaan kata anak lambat belajar di Akasa Center Surabaya. Atas hasil tersebut, penelitian ini dapat menjadi tambahan referensi terkait pentingnya pemilihan media pembelajaran yang menyesuaikan materi yang akan dipelajari dengan karakteristik anak.
Kata Kunci: anak lambat belajar, audio movable book, efektivitas, perbendaharaan kata.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

