PENGEMBANGAN BUKU FABEL AUDIO MOVABLE SEBAGAI BAHAN AJAR PENGUASAAN KOSAKATA ANAK SLOW LEARNER DI AKASA CENTER SURABAYA
Abstract
Penelitian dilatarbelakangi kurangya penguasaan kosakata anak slow learner di Akasa Center Surabaya. Hal tersebut disebabkan oleh terbatasnya bahan ajar sehingga motivasi belajar anak rendah. Oleh sebab itu dibutuhkan bahan ajar kosakata yang selaras dengan kebutuhan dan karakteristik anak slow learner, berupa buku fabel Audio Movable (adible). Buku fabel adible dipilih karena menerapkan teori multimodal dengan menggabungkan konsep penciptaan makna seperti linguistik, visual pada gambar, pop up, movable, dan aural pada audio di dalam satu buku. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses pengembangan dan kualitas buku fabel adible sebagai bahan ajar penguasaan kosakata anak slow learner di Akasa Center Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE: analisis (analyze), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Sumber data yakni hasil validasi ahli berupa instrumen penilaian dan hasil belajar anak slow learner berupa pretest dan posttest. Teknik pengumpulan data didapat dari observasi, wawancara, uji validasi, dan tes. Kemudian data dianalisis dengan teknik kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan, buku fabel adible telah dikembangkan dan diimplementasikan kepada anak slow learner di Akasa Center Surabaya yang memeroleh rerata nilai pretest 45 dan rerata nilai posttest 86 serta rerata hasil validasi 90,6% dari validator ahli bahasa, materi, dan grafis. Dapat disimpulkan bahwa buku fabel adible layak digunakan sebagai bahan ajar penguasaan kosakata anak slow learner di Akasa Center Surabaya.
Kata Kunci: Anak slow learner; Buku Fabel Audio Movable; Kosakata.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

