PENGEMBANGAN MEDIA APLIKASI AKSARANESIA.CO UNTUK GERAKAN LITERASI SEKOLAH PADA SISWA KELAS X SMA INTENSIF TARUNA PEMBANGUNAN SURABAYA
Abstract
Literasi merupakan salah satu urgensi dalam proses pendidikan, namun dalam pelaksanaannya masih mendapati persoalan serius, salah satunya yaitu di SMA Intensif Taruna Pembangunan (ITP) Surabaya yang mendapati persoalan terkait belum terealisasinya program Gerakan Literasi Sekolah (GLS). SMA ITP Surabaya mengalami beberapa permasalahan yang menyebabkan GLS belum terlaksana, yaitu tidak adanya monitoring sehingga peserta didik kurang terkontrol, minimnya ketersediaan literatur, serta penggunaan telepon genggam yang berlebihan. Adapun artikel ilmiah ini disusun dengan tiga tujuan, yaitu: (1) mendeskripsikan cara penerapan aplikasi Aksaranesia.co kepada peserta didik dan guru; (2) menguji validitas aplikasi Aksaranesia.co kepada ahli media dan ahli materi; serta (3) mendeskripsikan dampak (keefektifan) penerapan aplikasi Aksaranesia.co. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan R&D (Reasech and Development) model Dick and Carry yang memiliki lima tahap berupa ADDIE, yaitu (1) analisis (Analyze); (2) desain (Design); (3) pengembangan (Development); (4) implementasi (Implementation); dan (5) evaluasi (Evaluate). Hasil implementasi Aksaranesia.co kepada guru dalam pelaksanaan GLS yang semula 27% meningkat sebanyak 60% menjadi 87%. Kemudian, hasil implementasi Aksaranesia.co kepada peserta didik yang semula 77% meningkat sebanyak 15% menjadi 92%. Selain itu, dilakukan pembentukan penulis pengembang agar program memiliki dampak berkelanjutan. Sehingga, Aksaranesia.co efektif dalam mengoptimalkan GLS secara integratif, serta efektif dalam meningkatkan minat baca peserta didik SMA ITP Surabaya.
Kata Kunci: Aksaranesia.co, GLS, pengembangan
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

