PENGEMBANGAN BUKU CERITA DIGITAL ETIKA BERTAMU SEBAGAI SUPLEMEN PEMBELAJARAN BIPA LEVEL MADYA BERBASIS PLURIKULTURAL

Authors

  • Rina Amalia
  • Prima Vidya Asteria

Abstract

Kurangnya media pembelajaran berbasis plurikultural untuk mencegah gegar budaya pemelajar BIPA adalah alasan mengapa media pembelajaran BIPA perlu untuk dikembangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran buku cerita digital etika bertamu sebagai suplemen pembelajaran BIPA level madya berbasis plurikultural. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan (R&D) dengan model ADDIE, yaitu terdiri dari tahap analisis (analyze), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Pada tahap analisis, wawancara kepada pengajar BIPA Unesa dilakukan untuk mendapatkan data analisis kebutuhan. Lalu pada tahap desain, penyebaran kuesioner dilakukan dengan 96 responden masyarakat Indonesia untuk mendapatkan data etika bertamu masyarakat Indonesia sehingga spesifikasi produk dan prototipe produk dapat dibuat. Pada tahap pengembangan, buku cerita dibuat untuk kemudian divalidasi oleh validator ahli. Buku cerita direvisi berdasarkan saran dan masukan validator. Lalu, buku cerita diimplementasikan di kelas BIPA Unesa dengan 12 pemelajar BIPA dari 8 negara berbeda. Terdapat observasi keaktifan pemelajar dan pengajar BIPA serta pengerjaan pelatihan soal oleh pemelajar BIPA sehingga didapatkan nilai keefektifan buku cerita. Selain itu, terdapat uji kepraktisan dengan angket respons pemelajar setelah menggunakan buku cerita. Kemudian, buku cerita dievaluasi. Kualitas buku cerita ini diukur berdasarkan nilai kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan. Nilai rata-rata kualitas buku cerita ini adalah 93% sehingga dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran BIPA.

Kata Kunci: BIPA, buku cerita, etika bertamu, plurikultural

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-05-21
Abstract views: 99 , PDF Downloads: 87