INTEGRITAS DALAM NOVEL SOZA, JANGAN PUTUS SEKOLAH KARYA SITI FATIMAH ZALUKHU (TEORI JOHN GARMO)
Abstract
Pentingnya penanaman karakter integritas pada anak-anak akan membantu anak menjadi dewasa yang unggul dan berkualitas. Penanaman integritas pada anak dapat melalui berbagai karya sastra, khususnya novel anak. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan aspek-aspek integritas dalam novel anak yang berjudul Soza, Jangan Putus Sekolah berdasarkan teori pegembangan karakter yang dikemukakan oleh John Garmo. Penelitian ini termasuk penelitian sastra anak yang menggunakan pendekatan kualitatif dengan data berupa kata, frasa, kalimat, ataupun wacana yang relevan. Adapun sumber data penelitian ini yaitu novel Soza, Jangan Putus Sekolah karya Siti Fatimah Zalukhu. Teknik pengumpulan data berupa simak, catat, dan pengkodean. Teknik analisis data yang digunakan berupa analisis deskriptif naratif dengan keabsahan data berupa forum grup discussion (FGD) penilaian teman sejawat untuk menunjukkan kebenaran data yang digunakan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini antara lain, (1) kejujuran ditunjukkan para tokoh melalui tindakannya saat menyampaikan sesuatu berdasarkan kenyataan, (2) ketulusan ditunjukkan melalui kesungguhan dan kerelaan tokoh dalam melakukan sesuatu dan memberi sesuatu, (3) kemurnian ditunjukkan melalui keteguhan dalam melaksanakan sesuatu berdasarkan nilai-nilai kebenaran seperti kesungguhan menepati janji, taat pada aturan, dan enggan memberikan barang yang tidak layak, (4) kebijakan ditunjukkan melalui kemampuan berpikir tokoh dalam menemukan solusi untuk menyelesaikan permasalahan, dan (5) keadilan ditunjukkan melalui tindakan tokoh dalam melakukan sesuatu secara setara dan sesuai porsinya.
Kata Kunci: kejujuran, ketulusan, kemurnian, kebijakan, dan keadilan.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

