KREATIVITAS TOKOH DALAM NOVEL GARUDA GAGANESWARA KARYA ARY NILANDARI (KAJIAN E. PAUL TORRANCE)
Abstract
Kreativitas adalah hal yang sudah ada dalam diri setiap orang dan tidak hanya meliputi penciptaan produk baru, tetapi ide pemecahan masalah juga termasuk dalam kreativitas berpikir. Kreativitas berpikir perlu diasah sejak anak-anak sebab di era sekarang, berkembangnya teknologi membuat anak makin malas belajar hal baru akibat merebaknya tren media sosial. Selain itu, kreativitas dapat menjadi bekal dalam menghadapi kehidupan yang lebih kompleks masa mendatang. Bentuk kreativitas dapat dijumpai dan dipelajari anak dari penggambaran tokoh pada sastra anak yang berupa novel anak. Novel anak juga dapat dijadikan sebagai stimulus dalam melatih kreativitas anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kreativitas tokoh dalam novel anak Garuda Gaganeswara karya Ary Nilandari dengan teori kajian E. Paul Torrance. Teori kajian E. Paul Torrance meliputi, kelancaran berpikir, ketekunan dan kecermatan dalam berpikir, keaslian gagasan, memerinci gagasan baru, dan berpikiran terbuka. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan pustaka. Teknik analisis yang digunakan adalah model analisis Milles dan Huberman, yaitu reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan data. Data penelitian ini disajikan secara naratif berupa kata, kalimat, paragraf, dan dialog. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya (1) kelancaran berpikir tokoh; (2) ketekunan dan kecermatan dalam berpikir tokoh; (3) keaslian gagasan tokoh; (4) kemampuan tokoh dalam memerinci gagasan baru; dan (5) kemampuan tokoh dalam berpikiran terbuka pada novel anak Garuda Gaganeswara karya Ary Nilandari.
Kata Kunci: Kelancaran berpikir, ketekunan, kecermatan, keaslian gagasan, memerinci gagasan, berpikiran terbuka.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

