PENGARUH MEDIA CARD SORT DAN VIDEO TERHADAP KETERAMPILAN MENGIDENTIFIKASI DAN MENULIS TEKS CERPEN SISWA KELAS XI SMAN 2 LAMONGAN

  • Azmi Faqihatul Ilmi
  • Trinil Turistiani

Abstract

Dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia  banyak ditemui siswa kesulitan mengidentifikasi dan menulis teks cerpen sehingga siswa menjadi kurang aktif dan kreatif. Untuk itu, dalam pembelajaran diperlukan penggunaan media card sort dan video yang mampu meningkatkan motivasi dan kreativitas siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan media card sort dan video di kelas XI SMAN 2 Lamongan pada pembelajaran mengidentifikasi dan menulis teks cerpen, keterampilan mengidentifikasi teks cerpen dengan pembelajaran menggunakan media card sort, keterampilan menulis teks cerpen dengan pembelajaran menggunakan media video, dan respon siswa setelah mengikuti proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode true-experimental dengan pretest-posttest control group design. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, tes, dan angket. Hasil dari penelitian ini menunjukkan penerapan media card sort dan video berkategori baik sekali dengan persentase aktivitas siswa yang diperoleh sebesar 91% dan hasil observasi aktivitas guru yang diperoleh sebesar 94%. Uji hipotesis tes menunjukkan bahwa keterampilan mengidentifikasi teks cerpen diperoleh nilai signifikansi yang lebih kecil dari 0,05 yakni 0,000. Dari hasil tersebut  menunjukkan bahwa ada peningkatan signifikan keterampilan mengidentifikasi dengan menggunakan media card sort. Uji hipotesis tes menunjukkan bahwa keterampilan menulis teks cerpen diperoleh nilai signifikansi yang lebih kecil dari 0,05 yakni 0,000. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa ada peningkatan signifikan keterampilan mengidentifikasi dengan menggunakan media video. Hasil angket respon menunjukkan siswa tertarik dan mudah memahami teks cerpen setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media card sort dan video yang dibuktikan dengan persentase hasil angket respon siswa sebesar 84%.

Kata Kunci: card sort, video, mengidentifikasi, menulis.

Published
2024-06-20
Abstract Views: 0
PDF Downloads: 0