BAHASA PERSUASI PADA IKLAN KARYA SISWA KELAS VIII-B SMP MUHAMMADIYAH 2 TAMAN SIDOARJO
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterampilan berbahasa siswa kelas VIII-B SMP Muhammadiyah 2 Taman Sidoarjo dalam membuat iklan yang menarik dan kreatif. Bahasa yang digunakan pada iklan karya siswa tersebut memiliki keunikannya sendiri sehingga cukup berbeda dengan iklan-iklan profesional pada umumnya. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan menganalisis dan mendeskripsikan strategi persuasi, gaya bahasa persuasi, dan bentuk bahasa yang digunakan pada iklan karya siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni dokumentasi, teknik baca, dan teknik catat. Teknik analisis data yang digunakan dimulai dengan reduksi data, kemudian penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis penelitian ini menunjukkan bahwa strategi persuasi yang banyak digunakan pada iklan karya siswa kelas VIII-B adalah strategi sugesti. Selain itu, juga ditemukan penggunaan strategi rasionalisasi dan kompensasi. Gaya bahasa yang banyak digunakan pada iklan tersebut adalah gaya bahasa hiperbol. Selain itu, juga ditemukan penggunaan gaya bahasa aliterasi, asonansi, dan asindeton. Selanjutnya, bentuk bahasa yang banyak digunakan pada iklan karya siswa tersebut adalah kalimat tunggal. Dua bentuk bahasa lain yang juga digunakan berupa frasa dan kalimat majemuk setara. Temuan dari penelitian ini membuktikan bahwa siswa mampu mengaplikasikan bahasa persuasi dalam iklan dengan tingkat efektivitas dan kreatifitas yang bervariasi. Dengan demikian, hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai dasar dalam penyusunan kurikulum yang lebih responsif terhadap kebutuhan komunikasi siswa di era digital.
Kata Kunci: bahasa persuasi, iklan, strategi