RELASI MAKNA PADA NOVEL BULAN KARYA TERE LIYE DAN IMPLIKASINYA DALAM PENGAJARAN SASTRA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk relasi makna pada novel Bulan karya Tere Liye yang ditelaah secara mendalam menggunakan teori John Lyons sebagai pedoman utama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data simak bebas libat cakap. Sumber data penelitian adalah novel Bulan karya Tere Liye edisi cetak terbaru pada tahun 2023. Teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman yang menekankan tiga langkah, yakni kondensasi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Pada hasil penelitian ini ditemukan sembilan sampel data bentuk homonim, sembilan sampel data bentuk polisemi, dan sepuluh sampel data bentuk redundansi. Dari ketiga jenis relasi makna yang telah diteliti secara mendalam, bentuk relasi makna dengan jenis redundansi lebih mendominasi. Dari penelitian ini dapat disimpulkan jika siswa dilatih untuk menelaah bentuk relasi makna secara mendalam, pesan dalam sebuah tulisan akan lebih mudah tersampaikan karena siswa selaku pembaca mampu memahami konteks dari suatu bentuk relasi makna. Selain itu, terdapat saran metode pembelajaran yang efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran apresiasi sastra.
Kata Kunci: relasi makna, novel fiksi, pengajaran sastra.